Musik

Popmisspoke – Into The Future

  • Artis: Popmisspoke
  • Album: Into The Future
  • Rilis: 2017
  • Format: CD
  • Label: Dunk Pot Nead craft
  • Lokasi: Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia

Tracklist

  1. #ITF
  2. Stepping Forward
  3. Semangat
  4. Dunk Pot Nead
  5. The Bumpers
  6. My Long Play

Members

  • Hans – lead vocals
  • Wans – guitar 1 (backing vocals)
  • Febri – guitar 2 (backing vocals)
  • Billy – bass (backing vocals)
  • Richo – drums

Band pop-punk yang terbentuk pada 2014 silam ini baru saja mengeluarkan ep perdana dengan titel Into the Future. 5 pemuda ini meracik musik pop yang sederhana sekaligus mengkombinasikannya dengan semangat punk yang diusung Dag Nasty maupun Descendents pada pertengahan ’80an, yang 1 dekade kemudian membuat Mark Allan Hoppus beserta teman-temannya merilis Cheshire Cat bersama Blink-182. Juga menjadi awal bahwa alarm musik pop punk telah dibunyikan di beberapa belahan dunia dan menjadi lebih populer karenanya.

Kurang dari 2 dekade kemudian terbentuklah Pop Misspoke (entah bagaimana penulisannya yang benar). Berangkat dengan semangat yang sama 5 pemuda ini akhirnya merilis ep pada awal Februari kemarin, yang rencananya mereka rilis pada awal Januari. Berisikan 5 trek plus 1 intro, dikemas secara sederhana dibawah moniker Dunk Pot Nead craft dan direkam secara intens di Orvius Soundlab. Dan bulan ini adalah musim yang tepat untuk merayakannya.

IMG_20170303_121159

So here we go, trek pertama mereka buka dengan #ITF. Sebuah intro pemanasan yang digeber kurang dari 2 menit ini cukuplah untuk merubah hari-hari termurung kalian menjadi lebih bersemangat untuk menantang hari-hari terbrengsek dalam hidup kalian. Kemudian mereka lanjutkan dengan Stepping Forward. Aransemen menggelegar, petikan nada-nada harmoni yang menenangkan hati, tentu tak usah dipertanyakan lagi. Mereka telah melakukannya dengan benar di trek ini (apabila musik dinilai atas benar & salah).

Track-list ke-3, Semangat. Seperti yang saya bilang diatas, genre ini sangatlah cocok untuk mengobati penyakit galau yang sering kambuh. Khususnya yang keseringan dialami para remaja tatkala kebingungan mencari arti kehidupan (awas jangan sampai bilang; cieee).

Lalu ada Dunk Pot Nead, trek yang paling old-skull dalam ep ini. Berisi 3 bait lirik yang diulang, ketika mereka hampir kehabisan ide untuk membangun konstruksi sebuah lagu. Trek berdurasi kurang dari 2 menit ini cukuplah untuk menghidupkan kembali motivasi mereka untuk berkarya. Memasuki trek ke-5, Popmisspoke menempatkan The Bumpers yang juga merupakan trek andalan mereka ini. Ketika harus memungut gitar, bass, drum dan juga mikrofon mereka dengan antusias akan menyanyikannya di depan kalian. Ditutup dengan trek balada, My Long Play. Sebuah skipable-track yang berdurasi 1 setengah menit ini menuturkan kegembiraan mereka atas rilisnya EP ini, dan ekspektasi mereka agar terlahirnya LP mereka di kemudian hari.

Kenapa skipable-track? Secara personal saya mengharapkan trek paling ujung ini menawarkan durasi yang sedikit lebih panjang. Subyektif memang.

Baiklah, saya beri pandangan yang sedikit objektif; keseluruhan EP ini sudah optimal dalam perihal aransemen, namun sang lirikus sekaligus yang merangkap sebagai gitaris ini (Awan Pamungkas) kekurangan bekal dalam mengembangkan berbagai narasi liriknya. Terlihat cukup jelas bagaimana ke-5 lirik yang dibuat do’i memakai komposisi yang sama, beberapa bait lirik dan kemudian dinyanyikan berulang. Mungkin itu adalah strategi untuk menggaet para fansnya agar lebih gampang untuk menghafal lirik-lirik Popmisspoke dan sing a long bersama. Namun, pasti akan lebih berisi apabila sang lirikus lebih serius lagi dalam mengembangkan liriknya. Saya jamin kesederhanaan mereka yang terkenal itu akan lebih terjaga dan senantiasa berbeda.

Ok, kita tunggu saja di album penuhnya. Cheers!

  • Untuk melihat liriknya, silahkan lompat ke sini.
  • This reviews originally post on Autonomedia Zine #2
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s